• Twitter
  • Facebook
  • Google+
  • Instagram
  • Youtube

Sunday, May 3, 2015

MUSEUM NASKAH PROKLAMASI



Sejarah Museum Naskah Proklamasi

Gedung ini didirikan sekitar tahun 1920 dengan arsitektur Eropa (Art Deco), dengan luas tanah 3.914 meter persegi dan luas bangunan 1.138 meter persegi. Pada tahun 1931, pemiliknya atas nama PT Asuransi Jiwasraya. Ketika pecah Perang Pasifik, gedung ini dipakai British Consul General sampai Jepang menduduki Indonesia. Gedung ini menjadi sangat penting artinya bagi bangsa Indonesia karena pada 16-17 Agustus 1945 terjadi peristiwa sejarah, yaitu perumusan naskah proklamasi bangsa Indonesia. Oleh karena itu pada tahun 1984, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Prof. Nugroho Notosusanto, menginstruksikan kepada Direktorat Permuseuman agar merealisasikan gedung bersejarah ini menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi.
Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.0476/1992 tanggal 24 November 1992, gedung yang terletak di Jalan Imam Bonjol No. 1 ditetapkan sebagai Museum Perumusan Naskah Proklamasi, yaitu sebagai Unit Pelaksana Teknis di bidang kebudayaan dibawah Direktorat Jenderal Kebudayaan, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Ada apa di Museum Naskah Proklamasi ?

Museum Perumusan Naskah Proklamasi Jakarta merupakan tempat wisata sejarah di Jakarta yang sangat baik untuk dikunjungi bagi seluruh anggota keluarga, pelajar, mau pun mahasiswa untuk mengenang peristiwa yang menegangkan dan bersejarah menjelang detik-detik proklamasi kemerdekaan yang menjadi titik awal yang menentukan bagi perubahan nasib seluruh bangsa Indonesia. Dan menumbuhkan rasa Nasionalis karena kita mengetahui bagaimana jerih payah para Pahlawan kita dalam memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.


Penasaran bagaimana proses pembuatan Naskah Proklamasi ?
Yuk Join Us in the next Trip !!



PAKET WISATA EDUKASI MUSEUM NASKAH PROKLAMASI


Include :
Bis Pariwisata (AC,RS, Flat TV, DVD)
Ice Breaking Games
Program Wisata Edukasi Museum Naskah Proklamasi
Welcome Snack
Meals (McDonalds/HokBen)
Merchandise dari Wisatasekolah.com
Tour Leader
Banner Kegiatan
Tips Driver, Parkir, Tol, dll.
Free Guru Pendamping (10:1)

Harga Paket mulai dari :
Rp. 100.000,-/pax




MUSEUM NASKAH PROKLAMASI

Contact

Get in touch with us


Adress/Street

Plaza Cirendeu
Jl. Cirendeu Raya No.20 Tangerang Selatan - Indonesia

Phone number

+(62) 819 1083 1792 (Call/WA/SMS)

+(62) 813 1522 8033 Pin BB : 27F3DC14

Website

www.wisatasekolah.com